Apa Itu Google Trends? Simak Definisi dan Trik Menggunakannya

Google Trends merupakan alat yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari ide konten, ketika sedang mengalami kebuntuan dalam menentukan topik konten. Seperti diketahui dalam membuat konten terutama artikel, sebenarnya ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan kata kunci yang tepat namun umumnya tidak tersedia secara gratis.

Maka dari itu, solusinya adalah dengan memanfaatkan Google Trends karena sudah pasti gratis dan dapat membantu Anda untuk menemukan ide konten dengan sangat efektif. Penggunaan Google Trends sebenarnya cukup mudah namun banyak yang belum mengetahui dan juga trik penggunaan Google Trends yang tepat.

Apa Itu Google Trends? Simak Definisi dan Trik Menggunakannya

Apa Itu Google Trends

Google Trends adalah sebuah situs yang dimiliki Google dan dijadikan sebagai alat untuk memberikan data tentang Trends kata kunci tertentu dan seberapa sering kata kunci tersebut dicari di mesin pencari Google. Tools ini juga dapat menyediakan informasi seputar volume pencarian dan detail geografis terkait kata kunci yang Anda temukan lewat tools ini. Secara keakuratan, tentu saja Google Trends dapat memberikan tren kata kunci yang sangat akurat karena berdasarkan peristiwa terkini. 

Adapun tools ini pertama sekali diperkenalkan di tahun 2006 dan sudah mengalami pembaruan pada 2018 dengan tambahan berupa sejumlah fitur penting untuk memberikan informasi dan topik yang sedang ramai. Terdapat pula fitur pembaruan seperti identifikasi topik dan subtopik yang sedang populer serta menunjukkan peran pencarian bisa berdasarkan lokasi geografis. 

Trik Menggunakan Google Trends

Untuk sebagian dari Anda yang belum pernah mencoba Google Trends dan ingin memanfaatkannya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan terutama bagi yang sedang ingin riset pasar untuk memulai sebuah bisnis.

1. Buka Halaman Google Trends

Yang pertama, tentu saja Anda harus membuka halaman utama Google Trends terlebih dahulu. Kemudian setelah itu Anda bisa lihat daftar pencarian terkini kata kunci yang menduduki Trending teratas di situs pencarian Google, sesuaikan dengan negara yang Anda pilih. Jadi ketika Anda berada di negara berbeda, bisa menggantinya pada kolom kanan atas yang berwarna kuning. 

Anda harus scroll sampai ke bagian bawah untuk bisa menemukan rangkuman informasi pencarian tahunan untuk beberapa tahun sebelumnya. Jika klik fitur More Trending Searches, tentu saja bisa mendapatkan informasi lebih banyak terkait topik yang sedang jadi Trends. Dari sini, Anda bisa menemukan kata kunci mengenai sebuah produk atau ide konten yang relevan sejak halaman pertama.

2. Telusuri Kata Kunci

Berikutnya Anda bisa melakukan penelusuran kata kunci pada Google Trends dengan cara menentukan terlebih dahulu topik, kemudian masukkan topik tersebut di kolom yang sudah tersedia. Akan muncul sebuah halaman dengan tampilan data berupa kata kunci yang Anda pakai. Misalnya saja penelusuran kata kunci menggunakan kata “musim hujan”. 

Namun jika Anda belum punya ide kata kunci yang akan ditelusuri tidak masalah. Karena bisa memilih beberapa contoh penelusuran paling populer tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai dunia. Adapun hasil penelusuran yang muncul ini bisa diubah settingan negara pencarian lalu lanjut lakukan penelusuran terkait kata kunci yang ingin dibahas dalam konten.

3. Analisa Grafik Google Trends

Apa pentingnya melakukan analisa grafik pada Google Trends? Tentu saja penting karena grafik yang diperlihatkan pada halaman Google Trends biasanya tidak dapat menggambarkan jumlah pencarian namun berdasarkan indeks ketertarikan publik. Jadi untuk membaca grafik ini bisa dengan mengetahui arti angka-angka pada grafik.

  • 0, artinya bahwa data yang bisa ditunjukkan tidak ada atau kosong.
  • 50, artinya hanya separuh ketertarikan publik pada kata kunci.
  • 100, pencarian sedang berada di puncak popularitas.

Jadi bisa disimpulkan bahwa dari skala angka 0 sampai 100 adalah persentase ketertarikan dari publik terhadap sebuah topik atau kata kunci.

Analisa Grafik Google Trends

4. Bandingkan Beberapa Kata Kunci

Hal ini juga penting Anda lakukan untuk bisa menemukan kata kunci terbaik. Anda bisa menambahkan beberapa perbandingan topik agar lebih mudah melakukan komparasi dan menentukan kata kunci mana yang paling baik untuk digunakan dalam konten. 

Untuk menggunakan fitur ini juga sangat mudah. Tinggal tambahkan pembanding kata kunci di kolom yang sudah disediakan di bagian atas tampilan grafik.

5. Menetapkan Kategori Berdasarkan Pencarian Kata Kunci

Tools Google Trends, tidak hanya dapat menghadirkan insight pada penelusuran mesin pencari namun fitur ini dapat membantu Anda untuk menemukan ide dan kata kunci untuk kategori lainnya. Ada beberapa kategori yang termasuk di dalamnya. Mulai dari Google shopping, pencarian web, pencarian berita, pencarian gambar dan pencarian YouTube. 

Untuk Anda yang memang ingin membuat target website berita atau membuat channel YouTube maka bisa gunakan fitur ini. 

6. Optimalkan Kata Kunci Berdasarkan Lokasi

Untuk menggunakan Google Trends dengan baik, maka Anda bisa mengoptimalkan pencarian kata kunci lewat lokasi. Cara ini bisa Anda terapkan jika memiliki toko online yang menjual produk-produk tertentu dengan target regional. Hal ini bahkan dapat meningkatkan penjualan. 

Anda bisa gunakan data geografis yang ada di Google Trends, untuk fokus pada target promosi produk dan juga konten bisnis ke daerah-daerah yang ada di lokasi tersebut. Jadi saat mengiklankan produk bisa ditargetkan pada daerah-daerah tertentu.

Sekarang tentu Anda sudah tahu bagaimana cara menggunakannya dan apa itu Google Trends. Untuk Anda yang buntu ide konten untuk artikel di website atau blog maka pastikan memanfaatkan tools satu ini.

Trik Menggunakan Google Trends

Dengan demikian, Google Trends dapat Anda manfaatkan untuk riset apa yang sedang trend saat ini dan bisa menjadi ide konten Anda. Untuk mengetahui bagaimana cara riset dengan tool ini, Anda bisa konsultasi dengan tim SEO Rankpillar. Kami menyediakan jasa konsultasi SEO yang handal dan berpengalaman dalam menangani website bisnis, sehingga hasil riset dengan tool ini berdampak pada performa website bisnis Anda di halaman teratas Google.

Rankpillar juga menyediakan jasa content creation yang berpengalaman dalam pembuatan konten artikel SEO-friendly yang informatif dan tentunya relevan dengan bisnis Anda untuk pemasaran di dunia digital. Dalam pembuatan konten artikel ini, tim kami sangat menghindari penggunaan kata kunci yang berlebihan yang biasanya berdampak pada penurunan performa website bisnis.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan SEO Off Page. Layanan ini membantu menyusun rencana dan strategi yang tepat agar performa website bisnis Anda popular dan kredibel di mata Google dan pengguna. Tunggu apa lagi? Segera nikmati layanan kami dan dapatkan hasil yang terbaik.

发表评论

您的电子邮箱地址不会被公开。 必填项已用*标注