Google Search Generative Experience: Mengenal Fitur AI Terbaru Google

Pencarian online telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Melalui pencarian, kita bisa menemukan informasi, menyelesaikan tugas, dan bahkan mencari hiburan. Namun, seringkali pencarian tradisional memiliki batasan, terutama dalam menampilkan hasil yang sudah diindeks oleh mesin pencari. Google kini sedang mengembangkan teknologi baru yang disebut Search Generative Experience (SGE). Teknologi ini memungkinkan mesin pencari untuk menyajikan hasil yang lebih relevan dan menarik, bahkan untuk pertanyaan yang rumit, terbuka, atau aneh.

Search Generative Experience (SGE) adalah sebuah inovasi terbaru dari Google yang menggunakan teknologi AI generatif untuk menyederhanakan proses pencarian informasi di platform tersebut. Dengan fitur ini, Google dapat memberikan respon kepada pengguna dengan jawaban yang telah disusun dan dirangkum dari berbagai sumber website setelah menganalisis pertanyaan pencarian. Diharapkan bahwa penggunaan fitur ini akan meningkatkan efisiensi dalam mencari informasi di Google karena pengguna tidak lagi perlu mengunjungi berbagai halaman web secara individual untuk mendapatkan jawaban yang mereka perlukan.

Google Search Generative Experience: Mengenal Fitur AI Terbaru Google

Cara Kerja SGE

SGE memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk memahami maksud dari pertanyaan yang diajukan oleh pengguna. AI kemudian menggunakan informasi ini untuk menyajikan hasil yang paling relevan dan menarik. Dengan SGE, berbagai format hasil bisa dihasilkan, termasuk teks, gambar, video, dan bahkan format interaktif. Sebagai contoh, SGE bisa menghasilkan artikel berita yang disesuaikan dengan minat pengguna, atau bahkan membuat video yang menjelaskan jawaban atas pertanyaan pengguna.

Ketika Anda melihat bagian pencarian untuk Google SGE, Anda bisa segera menggunakannya untuk berbagai keperluan. Silakan masukkan kata kunci atau pertanyaan yang ingin Anda cari, sama seperti saat Anda melakukan pencarian pada umumnya. Setelah itu, fitur canggih ini akan menampilkan hasil pencariannya untuk Anda. Hasil ini terbilang lebih interaktif dan informatif dibandingkan dengan pencarian biasa tanpa fitur SGE. Dengan mengklik tautan yang disediakan, Anda akan langsung diarahkan menuju halaman yang relevan.

Fitur-fitur Canggih SGE

Untuk memberikan pengguna kemudahan dalam melakukan pencarian, Google menawarkan berbagai fitur baru dari Google SGE yang dapat dinikmati secara optimal, di antaranya:

Fitur follow-up Question

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menanyakan pertanyaan lanjutan. Ketika Anda memasukkan kata kunci atau bertanya sesuatu, mesin pencari akan memberikan jawabannya. Kemudian, Anda akan diberikan rekomendasi pertanyaan lanjutan yang dapat diajukan. Jika Anda menggunakan fitur ini, mesin pencari akan melanjutkan jawabannya sesuai dengan pertanyaan baru yang Anda ajukan.

Pembuatan Gambar (Image Creation)

Fitur pertama yang ditawarkan adalah pembuatan gambar oleh Google SGE. Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, pembuatan gambar sekarang menjadi lebih mudah seperti fitur AI pada teknologi lainnya. Jika Anda ingin membuat gambar, Anda dapat meminta Google untuk melakukannya. Anda hanya perlu memberikan empat sampel, serupa dengan mesin pembuatan gambar menggunakan teknologi kecerdasan buatan lainnya.

Selanjutnya, Google akan menghasilkan gambar baru berdasarkan sampel yang Anda berikan sebelumnya. Anda juga dapat melakukan pengeditan untuk menyesuaikan gambar dengan keinginan Anda, dan tentu saja, Anda dapat mengunduh gambar tersebut.

Fitur-fitur Canggih SGE

Makna Ganda (Multiple Meaning)

Seringkali, saat melakukan pencarian di Google, beberapa kata memiliki makna ganda, terutama saat diterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Ini dapat mengakibatkan hasil pencarian yang tidak optimal atau bahkan memberikan hasil yang tidak sesuai dengan apa yang diminta pengguna.

Untuk mengurangi kemungkinan makna ganda seperti ini, Google SGE telah memperbarui fiturnya dengan memungkinkan Anda untuk memilih makna dari kata kunci yang dimaksud. Jadi, jika ada dua atau lebih kata yang serupa atau memiliki makna ganda, Anda akan diberikan opsi untuk memilih makna yang paling sesuai. Dengan memasukkan kata kunci yang tepat dengan makna yang tepat pula, hasil pencarian dapat menjadi lebih relevan dan akurat.

Dapat Menerapkan Pencarian Bahasa Lokal

Mencari informasi dalam bahasa yang familiar bagi Anda tentu akan lebih nyaman, karena tidak perlu repot-repot menerjemahkan. Untuk kepuasan Anda, Google Search Generative Experience telah tersedia dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah dan nyaman menggunakan fitur ini. Selain itu, jika Anda ingin mencari informasi dalam bahasa lain seperti Jepang, Korea, atau India, Anda juga dapat memilih bahasa tersebut.

Visualisasi yang Interaktif

Fitur berikutnya dari Google SGE adalah visualisasi data yang sangat interaktif. Dengan fitur ini, Anda akan menikmati pengalaman visual yang lebih canggih, yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi data dengan lebih efisien. Hasil pencarian dari SGE tidak hanya dalam bentuk teks atau artikel, tetapi juga disajikan dalam bentuk gambar, grafik, diagram, dan visualisasi lainnya yang membantu Anda dalam pencarian yang lebih efektif.

Ini sangat berguna saat Anda mencari informasi yang terkait dengan data, karena memungkinkan informasi untuk lebih mudah dipahami. Informasi yang disajikan juga lebih detail dan komprehensif, sehingga memudahkan pengguna dalam memahaminya.

Cara Kerja SGE

Bagi Anda yang ingin website bisnisnya ranking terbaik di pencarian Google, Anda bisa konsultasi dengan tim SEO Rankpillar. Kami menyediakan jasa konsultasi SEO yang handal dan berpengalaman dalam menangani website bisnis, sehingga performa website bisnis Anda bisa berada di halaman teratas Google.

Rankpillar juga menyediakan jasa content creation yang berpengalaman dalam pembuatan konten artikel SEO-friendly yang informatif dan tentunya relevan dengan bisnis Anda untuk pemasaran di dunia digital.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan SEO Off Page. Layanan ini membantu menyusun rencana dan strategi yang tepat agar performa website bisnis Anda popular dan kredibel di mata Google dan pengguna. Tunggu apa lagi? Segera nikmati layanan kami dan dapatkan hasil yang terbaik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *