Definisi dan Panduan Lengkap Melakukan Keyword Clustering

Apakah Anda familiar dengan istilah keyword clustering? Ini merupakan istilah yang memiliki arti secara sederhana yaitu pengelompokan kata kunci. Seperti diketahui, kata kunci merupakan komponen penting pada setiap strategi optimasi SEO. Kata kunci juga merupakan penentu fundamental Google.

Sebuah website diuntungkan dengan adanya kata kunci, karena dapat menarik perhatian mesin pencari sehingga secara otomatis dapat meningkatkan penempatan website di halam hasil mesin pencari ( SERP). Jadi apa itu keyword clustering dan bagaimana cara melakukannya?

Definisi dan Panduan Lengkap Melakukan Keyword Clustering

Pengertian Keyword Clustering

Keyword clustering merupakan proses pengelompokan kata kunci di mana merupakan pengelompokan frasa pencarian yang terkait dan sebanding ke dalam kumpulan selaras dan menanganinya bersama-sama bukan hanya satu persatu saja. Jadi bisa dibilang bahwa klaster kata kunci, merupakan kumpulan istilah yang menandakan pencari dengan maksud pencarian yang sama. 

Klaster kata kunci sendiri terdiri dari inti dan kata kunci terkait di sekitarnya, di mana Anda bisa menargetkan banyak frasa pencarian dalam bagian konten yang sama dengan struktur klaster ini. Jadi secara bersamaan, Anda bisa membuat konten yang saling berhubungan berdasarkan cluster kata kunci untuk topik yang mengacu pada bisnis. Membuat cluster kata kunci sangat penting karena dapat mengembangkan kelompok kata kunci untuk banyak tema yang ingin anda bahas dalam konten. Cluster kata kunci dibagi menjadi dua kategori. 

  • Berbasi lemma: cara ini untuk mencari makna umum dalam frasa dan kesamaan struktur.
  • Berbasis SERP: mencari kesamaan dalam hasil query penelusuran.

Cara Melakukan Keyword Clustering

Anda yang ingin melakukan keyword clustering, tentu saja ada beberapa tips yang bisa dicoba. Karena seperti diketahui, mengelompokkan kata kunci membutuhkan lebih banyak waktu dan sumber daya daripada pengoptimalan situs website yang langsung jadi. Namun jika sudah membuat cluster kata kunci dan topik pada web, Anda akan membuatnya lebih mudah digunakan dan ramah bagi Google. Simak berikut ini.

Membuat Daftar Kata Kunci

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan riset kata kunci secara mendalam agar bisa mengelompokkan kata kunci. Jika Anda sudah memutuskan kata kunci mana yang ingin dikelompokkan, maka selanjutnya adalah bisa menggunakan volume pencarian dan matriks persaingan Untuk melihat seberapa mudah website mendapatkan peringkat untuk kata kunci tersebut.

Anda bisa fokus pada SERP dan kelemahannya serta masalah yang akan diidentifikasi. Jika sudah menyusun daftar kata kunci, maka Anda harus meneliti varian yang dicari pengguna untuk setiap istilah utama. Mulai dari kata kunci yang relevan, kata kunci panjang, pertanyaan, sub topik atau frasa terkini. Adapun pengelompokan kata kunci sudah dimulai saat Anda mengumpulkan ratusan kata kunci, lalu lakukan verifikasi dalam setiap kategori agar bisa menemukan pencarian yang sebanding. Pastikan hanya kata kunci yang mengarah ke traffic organik yang benar ke situs web Anda yang bisa dimasukkan ke dalam cluster.

Pengertian Keyword Clustering

Susun Kata Kunci dalam Beberapa Kelompok

Selanjutnya, setelah mengumpulkan kata kunci yang diperlukan maka anda bisa mulai melihat kata kunci mana yang berhubungan dengan kata kunci lain. Kata yang tepat bisa muncul dalam kalimat berekor panjang, sinonim, tujuan dan juga subtopik. Adapun pola ini akan membantu untuk menentukan kata kunci yang bisa dikelompokkan ke dalam keyword clustering. 

Misalnya Anda menggunakan satu kelompok kata kunci untuk sebuah halaman website lalu memasukkan kata kunci yang tidak terkait. Kemudian buat mesin pencari membutuhkan klarifikasi saat menentukan maksud dari halaman anda. Ini akan membuat setiap kelompok kata kunci harus berisi sekumpulan istilah dengan maksud pencarian dan signifikasi semantik yang sama. 

Nilai kata kunci biasanya ditentukan oleh CPC yang tinggi, volume pencarian hingga pencarian yang relevan. Anda tentu bisa juga memanfaatkan pengelompokan kata kunci yang tersedia untuk proses ini.

Mengoptimalkan Halaman Pilar

Untuk melakukan pengelompokan kata kunci bisa juga dengan mengoptimalkan halaman pilar. Karena saat Anda sudah membuat kelompok kata kunci, maka akan langsung bisa memahami dengan jelas bagaimana cara menggunakannya untuk berbagai halaman. Kelompok kata kunci mewakili tema inti dari halaman web dan ini disebut sebagai halaman pilar. Halaman pilar sebuah web masing-masing harus menyertakan satu atau lebih kelompok kata kunci dan ditingkatkan dengan praktik terbaik SEO di halaman. 

Anda tentu bisa menggunakan kelompok kata kunci secara efektif dengan mengembangkan halaman arahan dan halaman pilar. Manfaatkan kelompok kata kunci secara efektif, untuk mengembangkan halaman arahan dan halaman pilar. Prioritaskan beberapa aspek seperti kedalaman topik, arsitektur informasi dan juga pengalaman halaman. 

Manfaatkan Potongan Konten untuk Perkuat Gugus Kata Kunci

Untuk meningkatkan halaman pilar dan otoritas domain caranya adalah dengan membuat lebih banyak blog cluster topik muncul agar situs web memiliki ranking yang lebih tinggi di pencarian. Anda bisa membuat blog yang menarik perhatian dan perkuat kelompok kata kunci untuk algoritma mesin pencari. Profil tautan internal dari konten akan mempengaruhi peringkat halaman situs web di Google. Ini dapat meningkatkan peluang Anda muncul di hasil pencarian untuk kata kunci yang lebih bernilai, entry blog juga harus menawarkan kembali ke halaman pilar yang relevan.

Itu tadi pengertian keyword clustering dan juga cara mengelompokkan kata kunci. Pastinya pengelompokan kata kunci ini sangat penting untuk SEO website dan kemudahan dalam membuat konten web. 

Cara Melakukan Keyword Clustering

Bagi Anda yang ingin website bisnisnya berada di halaman teratas pencarian Google, maka perlu untuk mengoptimasi situs secara SEO-Friendly. Anda bisa konsultasikan dengan tim Rankpillar bagaimana strategi meningkatkan performa website bisnis. Kami menyediakan jasa konsultasi yang handal dan berpengalaman dalam menangani website bisnis dengan membantu Anda melakukan riset kata kunci yang relevan dan tepat dengan bisnis Anda.

Selain itu, Rankpillar menyediakan jasa content creation yang berpengalaman dalam pembuatan konten artikel SEO-friendly yang informatif dan tentunya relevan dengan bisnis Anda untuk pemasaran di dunia digital. Tim konten akan membantu website bisnis Anda untuk membuat konten artikel berkualitas sesuai dengan kata kunci dan audiens yang ditarget.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan SEO Off Page. Layanan ini membantu menyusun rencana dan strategi yang tepat agar performa website bisnis Anda popular dan kredibel di mata Google dan pengguna. Tunggu apa lagi? Segera nikmati layanan kami dan dapatkan hasil yang terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *