Apa Itu Backlink Web 2.0? Kelebihan dan Pentingnya bagi Website

Istilah backlink web 2.0 mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, terutama bagi Anda yang memiliki sebuah website. Namun penting juga untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu website 2.0 agar bisa memahami apa manfaatnya untuk sebuah website. 

Perlu diketahui, bahwa dalam perkembangan optimasi off page SEO maka website 2.0 merupakan sumber backlink yang sangat berkualitas. Karena website ini adalah web yang sudah jadi dengan DA/PA tinggi sehingga Anda tinggal mengisinya dengan konten backlink yang kualitasnya bagus.

Apa Itu Backlink Web 2.0? Kelebihan dan Pentingnya bagi Website

Apa Itu Web 2.0?

Web 2.0 merupakan generasi kedua dari website dan aplikasi web yang fokusnya pada konsep partisipasi dan kolaborasi pengguna. Istilah 2.0 sendiri adalah representasi dari pergeseran website statis yang hanya menyediakan informasi ke pengguna, menjadi platform interaktif sehingga memungkinkan Anda para pengguna untuk berkontribusi secara langsung dan aktif. 

Adanya Web 2.0 memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk berbagi konten dan berpartisipasi dalam forum online, membuat blog pribadi dan juga mengirim komentar serta berinteraksi dengan pengguna lain lewat sosial media.

Web 2.0 ini pertama kali ada pada 1999 di mana saat itu internet mengalami pergeseran menuju sistem yang jauh lebih interaktif. Dengan adanya website ini, maka terjadi peningkatan pertukaran informasi dan keterhubungan antar pengguna agar Anda sebagai pengguna tidak hanya menjadi penonton pasif.

Jadi Anda bisa berpartisipasi dalam pengalaman online, dalam membuat dan membagikan konten. Ada banyak sekali contoh situs web 2.0 yang bahkan bisa Anda temukan dengan mudah seperti misalnya Facebook, Wikipedia, Blogger, WordPress dan masih banyak lagi. 

Kelebihan Web 2.0

Dengan adanya web 2.0 tentu saja memberikan kemajuan dan juga peluang bagi Anda sebagai pengguna untuk interaksi dan menyampaikan pendapat dengan cara baru yang lebih terstruktur dan terhubung.

Anda jadi lebih mudah untuk melakukan komunikasi lewat aplikasi web dengan dan peningkatan tingkat interaktivitas, kolaborasi serta pertukaran pengetahuan. Hal ini tentu bisa terlihat dari sosial media dan individu yang bisa terkoneksi dengan situs web untuk melakukan publikasi konten. 

Anda jadi lebih mudah untuk mengekstrak informasi dan mengikuti berbagai sumber informasi dan juga melakukan pemasaran lebih optimal, karena cara pendekatannya juga lebih strategis dan tepat sasaran.

Jadi bisa dibilang, web 2.0 ini memberikan peluang untuk semua individu untuk menyampaikan pAndangan dan memberikan komentar jadi bisa dibilang membawa tingkat kesetaraan tertentu. Setiap orang juga bisa membangun jaringan kontak lewat web 2.0. 

Tentu juga Anda penasaran apa perbedaan dari web 2.0 dan web 1.0. di mana web 1.0 adalah tahapan awal penggunaan internet, di mana di dalamnya hanya sekedar pembuatan konten yang terbatas dan mayoritas pengguna hanya sebagai konsumen saja.

Situs web 1.0 bersifat statis dengan dominan halaman statis dibanding dengan html yang dinamis yang hanya menggabungkan animasi dan interaktivitas dengan kode atau bahasa tertentu. 

Beberapa contoh situs web 1.0 adalah mp3.com dan situs web pribadi yang bersifat statis dan fungsi serta fleksibilitasnya terbatas. Sementara untuk web 2.0, tentu saja menghadirkan informasi yang lebih dinamis dengan perubahan kontinyu. Web 2.0 memungkinkan kendali atas input oleh pengguna dan mendorong kolaborasi yang lebih besar lewat saluran yang juga lebih dinamis dan fleksibel. 

Kelebihan Web 2.0

Pentingnya Backlink Web 2.0

Setelah mengetahui apa itu what 2.0 dan juga kelebihannya, Anda juga wajib tahu pentingnya menggunakan backlink web 2.0 untuk Website. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa website 2.0 adalah sumber backlink yang berkualitas karena memiliki DA/PA yang tinggi.

Bahkan backlink ini dianggap natural oleh Google karena penempatannya sendiri ada di dalam konten sehingga Google akan merayapi dan memberi nilai tinggi pada website yang dirujuk oleh situs web 2.0. 

Web 2.0 bisa digunakan untuk membuat backlink yang lebih relevan dengan situs web Anda atau juga bisa digunakan untuk membagikan konten karena website ini tidak akan terdeteksi spam oleh Google.

Anda para pemula yang ingin membangun otoritas sebuah website maka backlink web 2.0 adalah yang paling direkomendasikan. Apalagi banyak sekali daftar list backlink web 2.0 yang gratis yang bisa Anda manfaatkan secara maksimal. Berikut ini daftar backlink web 2.0 gratis yang bisa dicoba.

Daftar Backlink Web 2.0 Gratis

No Web 2.0 Sites  DA PA
1 https://www.blogger.com 99 100
2 https://sites.google.com/ 97 84
3 https://jimdofree.com 95 63
4 https://medium.com 95 81
5 https://www.hatena.ne.jp/ 94 75
6 https://www.weebly.com 94 88
7 http://angelfire.lycos.com/ 93 70
8 http://goodreads.com/ 93 75
9 https://wordpress.com 93 93
10 https://www.academia.edu 93 73
11 https://www.bloglovin.com 93 76
12 https://www.tripod.lycos.com/ 93 84
13 https://www.wix.com 93 83
14 https://www.instructables.com/ 93 75
15 https://blog.fc2.com 92 73
16 https://evernote.com/ 92 77
17 https://hatenablog.com 92 90
18 https://hubpages.com 92 70
19 https://www.livejournal.com 92 99
20 https://www.xing.com/ 92 76
21 https://www.skyrock.com 91 100
22 https://www.strikingly.com/ 91 74
23 https://www.ucoz.com 91 68
24 https://slashdot.org/ 91 75
25 https://www.webs.com 90 83
26 https://www.simplesite.com/ 89 68
27 https://www.soup.io/ 89 95
28 http://www.zoho.com/ 87 71
29 https://www.blogtalkradio.com/ 87 70
30 https://www.deviantart.com 87 79

Sekarang tentu Anda sudah tahu pentingnya backlink web 2.0 untuk sebuah website. Namun meski sudah menemukan pilihan web 2.0 yang tepat untuk meletakkan backlink, pastikan juga untuk membuat konten berkualitas untuk meningkatkan popularitas website Anda tentunya. 

Pentingnya Backlink Web 2.0

Bagi Anda yang ingin website bisnisnya berada di halaman teratas pencarian Google, maka perlu untuk mengoptimasi situs secara SEO-Friendly. Anda bisa konsultasikan dengan tim Rankpillar bagaimana strategi meningkatkan performa website bisnis. Kami menyediakan jasa konsultasi yang handal dan berpengalaman dalam menangani website bisnis dengan membantu Anda melakukan riset kata kunci yang relevan dan tepat dengan bisnis Anda.

Selain itu, Rankpillar menyediakan jasa content creation yang berpengalaman dalam pembuatan konten artikel SEO-friendly yang informatif dan tentunya relevan dengan bisnis Anda untuk pemasaran di dunia digital. Tim konten akan membantu website bisnis Anda untuk membuat konten artikel berkualitas sesuai dengan kata kunci dan audiens yang ditarget.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan SEO Off Page. Layanan ini membantu menyusun rencana dan strategi yang tepat agar performa website bisnis Anda popular dan kredibel di mata Google dan pengguna. Tunggu apa lagi? Segera nikmati layanan kami dan dapatkan hasil yang terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *